Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Propinsi

Profil Wahana: Puskesmas Gabus I Pati

Jakarta, 24-01-2017 [ 12:00 ]

Nama Puskesmas : Puskesmas Gabus I

Alamat Puskesmas : Gabus RT 3 RW 6 Gabus, Pati, Jawa Tengah

Dokter Pendamping : dr. M. Wahib Hasyim

Nomor HP : 0812282925

1.    PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari Kota Semarang menuju Kecamatan Gabus Pati bisa ditempuh selama ± 2 jam menggunakan travel atau sewa. Biaya travel Rp 85.000 (sekali jalan). Perjalanan juga bisa ditempuh dengan Angkutan Umum Bus dari Kota Semarang sampai Terminal Pati dilanjutkan dengan bus dalam kota menuju Gabus atau ojek. Biaya Bus Non AC Semarang - Pati Rp 15.000 – Rp 20.000 dan Bus AC Rp 35.000 –   Rp 45.000. Infrastruktur jalan dari Pati ke Puskesmas Gabus cukup baik, sudah beraspal, dan tidak padat kendaraan.

 

2.    PROFIL PUSKESMAS

Puskesmas Gabus I Pati merupakan salah satu puskesmas yang menjadi wahana bagi para dokter internsip untuk berpraktik yang berlokasi di Kecamatan Gabus. Kecamatan Gabus sendiri memiliki dua puskesmas sebagai fasilitas kesehatan layanan primer yang membawahi 24 wilayah, dimana Puskesmas Gabus I membawahi 13 wilayah di Kecamatan Gabus ini. Puskesmas Gabus I saat ini dipimpin oleh Bapak Teguh Waluyo, SKM. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas Gabus I antara lain, balai pengobatan dasar, poli gigi, ruang KIA dan KB, laboratorium, serta apotik. 

Puskesmas Gabus I merupakan puskemas dengan tipe non perawatan atau belum memiliki fasilitas rawat inap, namun program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Primer atau PMKM yang merupakan fokus pembelajaran bagi para dokter internsip selama berada di puskesmas berjalan dengan cukup baik. Jumlah kunjungan di Puskesmas gabus I setiap harinya cukup bervariasi antara 20-50 kunjungan dari balai pengobatan dan KIA/KB.

 

3.    KOMITMEN WAHANA

Dokter internsip selalu diusahakan untuk terlibat dalam program kegiatan puskesmas, baik kegiatan dalam gedung maupun luar gedung. Dokter internsip juga dilibatkan dalam evaluasi program Puskesmas yang biasa diadakan 2 hingga 3 bulan sekali. Saat ini juga sedang direncanakan pembuatan program baru yakni program PONED (Pelayanan Obstetri Neonatus Esensial Dasar) yang akan mulai berjalan dalam waktu dekat. Program PONED sendiri cukup berguna bagi dokter internsip untuk dapat lebih berpengalaman dalam program pelayanan obstetri dan neonatus yang memang harus dikuasai oleh para dokter umum yang nantinya bertugas di fasilitas kesehatan layanan primer. Dokter pendamping yang ditunjuk juga cukup baik dalam memberikan bimbingan serta evaluasi tugas yang diberikan.

 

4.    FASILITAS WAHANA

Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas bagi para dokter internsip. Akomodasi dan transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing-masing dokter internsip yang berpraktik di wahana Puskesmas Gabus I.