Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Pusat


Daftar Berita KIDI Propinsi

Profil Wahana: Puskesmas Tete Ampana Sulawesi Tengah

Jakarta, 24-01-2017 [ 12:00 ]

Nama Puskesmas     : Puskesmas Tete

Alamat Puskesmas   : Jl. Trans Sulawesi, Desa Tete A, Kec. Ampana Tete, Kab. Tojo Una-Una (Ampana), Sulawesi Tengah

Dokter Pendamping : dr. Niko, S. Ked, M. Kes C.H.

No Hp : 0813 5428 6300


1. PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah (Palu) menuju ibu kota Kabupaten Tojo Una-Una (Ampana) bisa ditempuh selama kurang lebih  8 jam dengan menggunakan Travel  mobil (Jalan darat) dengan biaya Rp. 150.000 (Sekali jalan). Palu-Ampana juga dapat ditempuh dengan penerbangan Wings Air kapasitas 72 penumpang selama 45 menit dengan biaya Rp 400.000 (sekali jalan). Infrastruktur jalan dari Palu-Ampana sudah baik, teraspal dan tidak padat kendaraan. Dari Ampana ke Kecamatan Ampana Tete hanya berjarak sekitar 7 km (waktu tempuh 15 menit) dengan infrastruktur jalan sudah baik, sudah teraspal, dan tidak padat kendaraan. Dari bandara Tanjung Api Ampana ke Puskesmas Tete hanya berjarak 4 km (10 menit waktu tempuh) karena Bandara Tanjung Api Ampana sendiri terletak di kecamatan Ampana Tete. 

2. PROFIL PUSKESMAS

Puskesmas Tete merupakan satu-satunya Puskesmas yang menjadi wahana bagi para Dokter Internsip untuk berpraktik di Kecamatan Ampana Tete. Kecamatan Ampana Tete memiliki 2 Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pelayanan primer yang membawahi 20 desa, dimana Puskesmas Tete sendiri membawahi 14 desa di Kecamatan Ampana Tete. Puskesmas Tete saat ini di pimpin oleh dr. Niko, S.Ked, M. Kes C.H. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas Tete antara lain Poli Umum, MTBS, Poli  KIA dan KB, Laboratorium, serta Apotek.

Puskesmas Tete merupakan Puskesmas Non Perawatan, tetapi sudah memiliki fasilitas rawat inap dengan Tipe Puskesmas mampu menolong persalinan normal. Program UKM dan Puskesmas menuju Akreditasi Mutu merupakan fokus pembelajaran bagi para dokter internsip selama berada di Puskesmas. Sebagai catatan tambahan bahwa Puskesmas Tete sudah dinilai oleh Tim Akreditasi Mutu pada bulan Oktober 2016 tetapi hasilnya baru akan diumumkan pada bulan April 2017. Jumlah kunjungan  di Puskesmas Tete setiap harinya cukup bervariasi yaitu antara 20-40 kunjungan dari polik umum, MTBS dan KIA/ KB.

3. KOMITMEN WAHANA

Dokter internsip selalu di usahakan untuk terlibat dalam Program Kegiatan Puskesmas baik kegiatan dalam gedung maupun luar gedung. Dokter internsip juga dilibatkan dalam Lokakarya mini Puskesmas tiap bulan maupun Lokakarya mini lintas sektor dua kali per tahun. Evaluasi Program Puskesmas, pelaksanaan Puskesmas Terakreditasi mutu juga program-program UKM seperti Program Lansia, Prolanis, PTM (Penyakit Tidak Menular), Penyuluhan dan Pertolongan persalinan akan berguna bagi dokter internsip agar dapat berpengalaman ketika nantinya bertugas di fasilitas kesehatan layanan primer. Dokter pendamping yang di tunjuk juga cukup komunikatif dalam memberikan bimbingan serta evaluasi tugas yang di berikan. Dokter pendamping sudah bertugas di Puskesmas Tete selama 10 tahun, sebagai Kepala Puskesmas sudah bertugas selama 5 tahun dan sebagai pendamping internsip sudah 2 periode. 

4.FASILITAS WAHANA

Belum tersedia fasilitas rumah dinas maupun kendaraan dinas bagi para dokter internsip. Akomodasi dan transportasi bagi para dokter internsip di tanggung secara pribadi oleh masing-masing dokter internsip yang berpraktik di Puskesmas Tete.