Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Pusat


Daftar Berita KIDI Propinsi

Profil Wahana: Puskesmas Sekadau Kalimantan Barat

Jakarta, 24-01-2017 [ 00:00 ]

Nama Puskesmas         : PUSKESMAS SEKADAU

Alamat Puskesmas       : Jalan Merdeka Barat Nomor 57 Sekadau, Telepon (0564)-41893, Kode Pos 79582

Dokter Pendamping     : dr. RANTO YUSTIN MANURUNG

Nomor HP                    : 082153800850

 

1.   PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari Kota Pontianak menuju Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau bisa ditempuh selama ± 5 jam menggunakan kendaraan umum ( Taxi dari Bandara Supadio Pontianak ). Biaya tranportasinya Rp. 120.000 (sekali jalan). Infrastruktur jalan dari Kota Pontianak menuju Kabupaten Sekadau sebagian beraspal dan sebagian berlubang-lubang serta tidak padat kendaraan. 

2.   PROFIL PUSKESMAS

Puskesmas Sekadau merupakan salah satu Puskesmas yang menjadi Wahana bagi para dokter instership untuk berpraktek yang berlokasi di Kecamatan Sekadau Hilir. Kecamatan Sekadau Hilir memiliki 1 Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan layanan primer yang mencakup 7 Desa dan yang paling dekat dengan Rumah Sakit Daerah yang berjarak 6 km. Puskesmas Sekadau sekarang di pimpin oleh Ibu Radiok. Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas Sekadau, antara lain : Poli klinik umum, Poli Gigi, Ruang KIA dan KB, Ruang UGD, Ruang Konsultasi Gizi, Ruang Konsultasi Sanitasi, Ruang Konsultasi PMKR, Ruang Laboratorium, Ruang PONED (Bersalin), Ruang IVA serta Apotik. 

Puskesmas Sekadau merupakan puskesmas dengan tipe non perawatan atau belum memiliki fasilitas rawat inap untuk pasien umum atau peserta BPJS, namun terdapat Pelayanan IGD 24 jam setiap hari dan Rawat Inap PONED. Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Primer atau PKMP yang merupakan fokus pembelajaran bagi para dokter intership selama berada di Puskesmas berjalan dengan cukup baik. Jumlah kunjungan di Puskesmas Sekadau setiap harinya cukup bervariasi antara 30-50 kunjungan dari Poli Klinik Umum, Poli Gigi, KIA/KB, IGD dan Persalinan. 

3.   KOMITMEN WAHANA

Dokter intership selalu diusahakan untuk terlibat dalam program kegiatan puskesmas, baik kegiatan dalam gedung maupun di luar gedung. Dokter intership juga dilibatkan dalam evaluasi program Puskesmas yang biasa diadakan 1 bulan sekali. Dokter pembimbing yang ditunjuk juga cukup baik dalam memberikan bimbingan serta evaluasi tugas yang yang diberikan. 

4.   FASILITAS WAHANA

Tidak ada fasilitas rumah dinas maupun mobil dinas bagi para dokter intership. Akomodasi dan transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing-masing dokter intership yang berpraktik di wahana Puskesmas Sekadau.