Selamat datang di Portal Internsip Dokter Indonesia  

Daftar Berita KIDI Propinsi

Profil Wahana: Puskesmas Sungai Kakap Kubu Raya

Jakarta, 24-01-2017 [ 01:00 ]

Nama Puskesmas : Puskesmas Sungai Kakap

Alamat Puskesmas : Jl Raya Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kode Pos 78381

Dokter Pendamping : dr. Miraz Hedi kusumah

Nomor HP : 081323828197

1.PERJALANAN MENUJU LOKASI

Perjalanan dari Kota Pontianak menuju Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya berjarak ±18 Km dapat ditempuh selama ± 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua. Tidak ada kendaraan umum selain oplet (angkot) dan ojek, atau mobil sewa, dengan tarif berkisar antara Rp 15.000,00 s.d Rp 100.000,00. Infrastruktur jalan dari Kota Pontianak ke Puskesmas Sungai Kakap cukup baik, sudah beraspal, dan tidak padat kendaraan.

2. PROFIL PUSKESMAS

Puskesmas Sungai Kakap merupakan salah satu puskesmas yang menjadi wahana bagi para dokter internsip untuk berpraktik yang berlokasi di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kecamatan Sungai Kakap sendiri, memiliki tiga puskesmas sebagai fasilitas kesehatan layanan primer yang membawahi 13 desa, dimana Puskesmas Sungai Kakap membawahi 7 desa di Kecamatan Sungai Kakap. Dari 7 desa yang menjadi binaan Puskesmas Sungai Kakap, 2 diantaranya merupakan daerah air yang hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan air seperti kapal motor ataupun speed boat. Puskesmas Sungai Kakap saat ini dipimpin oleh bapak Abang Darmawansyah SKM, M.Kes.  Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Puskesmas Sungai Kakap antara lain, Ruang Pemeriksaan Umum, Ruang Kesehatan Gigi dan Mulut, Ruang Gizi, Ruang KIA/KB, Ruang Laktasi, Ruang Imunisasi dan anak, UGD dan rawat inap (persalinan dan umum), laboratorium, dan Ruang Farmasi.

Puskesmas Sungai Kakap, merupakan puskesmas dengan tipe perawatan yang telah memiliki fasilitas rawat inap baik itu untuk persalinan, maupun rawat inap umum. Program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) esensial maupun pengembangan yang menjadi fokus pembelajaran bagi para dokter internsip ,berjalan sebagaimana mestinya. Jumlah  kunjungan pasien rata – rata perhari dari seluruh unit yang ada di Puskesmas Sungai Kakap berkisar antara 50 s.d 100 / hari.

3. KOMITMEN WAHANA

Dokter internsip  diusahakan untuk terlibat dalam program kegiatan puskesmas, baik kegiatan dalam gedung, maupun di luar gedung. Dokter internsip juga akan dilibatkan evaluasi program puskesmas yang diadakan setiap 3 bulan.  Di Puskesmas Sungai Kakap, seluruh staf telah dibagi tugas dalam wilayah desa binaan. Terdapat 7 kelompok desa binaan sesuai dengan jumlah desa di wilayah kerja Puskesmas Sungai Kakap. Sehingga dalam menjalankan tugas UKM-nya, dokter internsip dapat berkoordinasi dengan tim desa binaan di masing – masing desa.

4. FASILITAS WAHANA

Tidak ada fasilitas rumah dinas ataupun mobil dinas untuk dokter internsip. Akomodasi dan transportasi ditanggung secara pribadi oleh masing – masing dokter internsip yang berpraktik di wahana Puskesmas Sungai Kakap.